Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Motivasi Menabung di Bank Syariah (Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare )
Main Author: | Sapri Y, Sapri Y |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpare.ac.id/1032/1/14.2300.052.pdf http://repository.iainpare.ac.id/1032/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan pengetahuan terhadap motivasi menabung mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare. Untuk mengetahui variable manakah yang paling berpengaruh atau dominan berpengaruh terhadap motivasi menabung mahasiswa Perbakan Syariah IAIN Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare. Sampel penelitian ini adalah beberapa Mahasiswa Perbankan Syariah dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran keuisioner. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, Koefisien Determinasi (R2), dan Korelasi ganda R. Hasil penelitian menunjukkan : Berdasarkan pada perhitungan regresi linear berganda, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi (X1) yang bernilai 0,873 lebih besar dari pada 0,05 atau 0,873 > 0,05 artinya berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi menabung mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare (Y). Kemudian pengetahuan (X2) yang bernilai 0,004 atau 0,004 < 0,05 hal ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare (Y). Artinya variable X2 yaitu Pengetahuan yang berpengaruh dominan secara simultan terhadap motivasi menabung mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare.