Minat Masyarakat Padangloang Alau Kabupaten Sidrap dalam Menggunakan Produk Tabungan Haji Bank Rakyat Indonesia

Main Author: Fatmawati, Fatmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1028/1/14.2300.058.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1028/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi, belajar, sikap, persepsi dan tingkat keuntungan terhadap masyarakat Padangloang Alau dalam menggunakan produk tabungan haji Bank Rakyat Indonesia, sekaligus untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap masyarakat Padangloang Alau dalam menggunakan produk tabungan haji Bank Rakyat Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriktif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas), Analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F, Korelasi Ganda R dan Koefisien Determinasi (Adjusted R Squere). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persamaan regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y = 2,403 + 0,100 X1+ 0,264X2+ 0,359X3+ 0,132X4+ 0,005X5. Hasil pengujian secara simultan (uji F) variabel X yang terdiri dari motivasi(X1), belajar(X2), sikap(X3), persepsi(X4), tingkat keuntungan(X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap masyarakat Padangloang Alau dalam menggunakan produk tabungan haji Bank Rakyat Indonesia dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Kemudian, hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel belajar(X2) dan sikap(X3) yang paling dominan berpengaruh secara parsial terhadap masyarakat Padangloang Alau dalam menggunakan produk tabungan haji Bank Rakyat Indonesia, hal ini terlihat dengan nilai signifikansi 0,007(X2) dan 0,001(X3) < 0,05.