Minat Masyarakat Terhadap Produk Arrum Haji Pegadaian (Studi Kota Parepate)

Main Author: Wardana, Wisnu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1001/1/14.2300.112.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1001/
Daftar Isi:
  • Keinginan umat muslim di Indonesia untuk menyempurnakan untuk menyempurnakan rukun islam yang ke-5 sangatlah besar. Hal ini dibuktikkan dengan lamanya daftar tunggu naik haji di Indonesia hingga puluhan tahun. Hal ini disadari oleh lembaga keungan baik bank maupun non bank untuk memberikan produk penyelenggaraan ibadah haji bagi masyarakat, seperti halnya yang dilakukan oleh Persero Pegadaian dengan mengeluarkan produk Arrum Haji. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui seberapa besar minat masyarakat Parepare terhadapa produk Arrum Haji yang dikeluarkan oleh Pegadaian. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang berbentuk kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara terbuka. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik deskriptif. Data penelitian ini didapat dari kuisioner yang diberikan kepada masyarakat Parepare guna mengetahui respon langsung dari responden, serta menggunakan data sekunder dari literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lain yang relevan dengan skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 48% dari 50 responden menyatakan tertarik dan 40% dari 50 responden menyatakan sangat tertarik dengan produk Arrum Haji Pegadaian. Hal ini dibuktikan dengan keinginan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam tentang produk Arrum Haji Pedagaian.