Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok A di TK Hikma Lamasi Kelurahan Lamasi Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu

Main Author: Subianti, Mrs.
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.umpalopo.ac.id/239/1/sampul_1686207026.pdf
http://repository.umpalopo.ac.id/239/2/pendahuluan_1686207026.pdf
http://repository.umpalopo.ac.id/239/3/BAB_1686207026.pdf
http://repository.umpalopo.ac.id/239/4/Lampiran_1686207026.pdf
http://repository.umpalopo.ac.id/239/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memberikan gambaran mengenai proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media bahan alam anak usia 4-5 tahun di TK Hikma Lamasi Kelurahan Lamasi Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. (2) menemukan cara terbaik dari media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media bahan alam anak usia 4-5 tahun di TK Hikma Lamasi Kelurahan Lamasi Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan design Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus pada peserta didik TK Hikma Lamasi dengan jumlah subyek sebanyak 15 anak. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa (1) Dibutuhkan strategi dalam pengajaran mengenal warna bagi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini,dan salah satu yang bisa digunakan adalah media bahan alam, (2) Penggunaan media bahan alam sebagai strategi dalam pengajaran mengenal warna harus dilakukan dengan prosedur yang tepat sebagaimana yang telah dilakukan dalam penelitian tersebut. Prosedur yang dimaksud adalah sebagai berikut ; (a) Guru menyiapkan media yang akan digunakan dan menyampaikan tujuan pembelajaran menggunakan media bahan alam. (b) Jumlah media yang digunakan dan disiapkan sebaiknya sesuai dengan jumlah anak yang akan bermain, agar tidak terjadi antrian panjang dan setiap anak bisa berkesempatan bermain. (c) Guru memberikan penguatan dan tanya jawab kepada peserta didik apakah sudah jelas dan sudah mengerti tentang apa yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa mengelompokkan benda menurut warna 51.66%, menunjuk benda yang mempunyai warna 65%, menceritakan apa yang terjadi bila warna dicampurkan 46.66%, mengurutkan benda dari yang kecil-besar berdasarkan warna 58.33%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa mengelompokkan benda menurut warna 100%, menunjuk benda yang mempunyai warna 100%, menceritakan apa yang terjadi bila warna dicampurkan 96.66%, mengurutkan benda dari yang kecil-besar berdasarkan warna 98.33%. Kata Kunci ; Media Bahan Alam, Peningkatan Kemampuan dalam Mengenal Warna Anak, Strategi dalam Pembelajaran.