PENGARUH MOTIVASI BELANJA UTILITARIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR MODERN (STUDI PADA PELANGGAN GIANT SUPERMARKET DAERAH DINOYO KOTA MALANG)

Main Authors: Prawita, Winda Ariria Eka, Sudiro, Ahmad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/867
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/867/791
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial atas motivasi belanja utilitarian yang terdiri dari dua variabel yaitu (1) kualitas barang dan (2) kualitas layanan terhadap keputusna pembelian di pasar modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh variabel bebas yaitu kualitas barang dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di pasar modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Uji yang digunakan dalam menguji instrument penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskesdastisitas. Dari hasil analisis terlihat bahwa kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di pasar modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang. Sedangkan secara parsial kedua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di pasar modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang. Kata Kunci: Motivasi Belanja Utilitarian, Kualitas Barang, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian Di Pasar Modern Giant Dinoyo Kota Malang