Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Masyarakat, dan Persepsi Kemudahan Pengisian SPT 1770 melalui e-filling Terhadap Penggunaan e-filling dengan Minat Sebagai Variabel Moderating (Studi pada KPP Pratama Sidoarjo Selatan)

Main Author: Yustria, Ananda Bella
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2022
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8008
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8008/6818
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi masyarakat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-filling dengan minat sebagai variabel moderating. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi KPP Sidoarjo Selatan yang melaporkan SPT 1770. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden pengguna SPT 1770 yg terdaftar di KPP Sidoarjo Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan diukur menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan Analisis Linier Berganda dan MRA (Moderate Regression Analysis) dengan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi masyarakat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap penggunaan e-filling, minat memperkuat pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi masyarakat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-filling.Kata kunci : Theory of Planned Behavior (TPB), Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Masyarakat, Persepsi Kemudahan, Penggunaan E-filling, Minat.