PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEADILAN, DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM PADA MASA COVID 19 (Studi Pada UMKM Di Kota Blitar Terkait PMK 9 Tahun 2021)
Main Author: | Hanik, Rahmatul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2022
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7984 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7984/6794 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan pajak, persepsi keadilan pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan pajak UMKM pada masa COVID 19 studi pada UMKM Kota Blitar terkait PMK 9 Tahun 2021. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi kemudahan pajak, persepsi keadilan pajak, dan sosialisasi pajak, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kapatuhan pajak. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode survey kuesioner dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 100 Wajib Pajak UMKM di Kota Blitar. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda pada aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan pajak dan sosialisasi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak, sedangkan persepsi keadilan pajak tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak.Kata kunci: Persepsi Kemudahan Pajak, Persepsi Keadilan Pajak, Sosialisasi Pajak, Kepatuhan Pajak, PMK 9 Tahun 2021