AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PABRIK ROKOK SANGGORO SUKSES MAKMUR MALANG)

Main Authors: Aulia, Aldilla Rizki, din, Roekhu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/795
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/795/730
Daftar Isi:
  • Audit manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran PR. Sanggoro Sukses Makmur Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam kegiatan operasional perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Penilaian efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara kriteria, sebab, akibat, dan pemberian rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran di Pabrik Rokok Sanggoro Sukses Makmur telah berjalan efektif, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku, meskipun ada salah satu fungsi yang dapat dinyatakan belum efektif yaitu organisasi pemasaran. Berdasarkan temuan dalam penelitian, maka ada beberapa rekomendasi dan saran untuk perbaikan dalam mengembangkan fungsi pemasaran Pabrik Rokok Sanggoro Sukses Makmur untuk di masa yang akan datang. Kata kunci : audit manajemen, efektivitas, fungsi pemasaran.