ANALISIS PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA GIANT SUPERMARKET KOTA MALANG

Main Author: Artha, Farid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/703
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/703/645
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh langsung variable retailing mix terhadap kepuasan pelanggan pada Giant Supermarket kota Malang, pengaruh langsung variabel retailing mix terhadap loyalitas pelanggan Giant Supermarket kota malang, pengaruh langsung variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Giant Supermarket kota malang, pengaruh tidak langsung variabel retailing mix terhadap loyalitas pelanggan Giant Supermarket kota malang melalui variable perantara kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan (Explanatory Research), yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelanggan Giant Supermarket kota Malang akan merasa puas apabila retailing mix yang dimiliki Giant Supermarket memiliki kualitas yang tinggi (2) pelanggan Giant Supermarket kota Malang akan loyal apabila retailing mix yang dimiliki Giant Supermarket memiliki kualitas yang tinggi (3) pelanggan Giant Supermarket kota Malang akan loyal apabila mereka puas dengan kualitas retailing mix yang diterima dari Giant Supermarket kota Malang (4) apabila kualitas retailing mix yang dimiliki Giant Supermarket baik maka akan menimbulkan rasa puas pada diri pelanggan, kemudian pelanggan yang merasa puas akan menunjukkan sikap loyal pada Giant Supermarket kota Malang. Kata kunci : Retailing Mix, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan