PERUMUSAN STRATEGI DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PERUSAHAN KONVEKSI INJERS DI KOTA MALANG

Main Author: Purwita, Axlyno
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2021
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7027
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7027/6056
Daftar Isi:
  • Perusahaan konveksi di Indonesia memiliki jumlah yang semakin meningkat, baik dari usaha berskala besar maupun UMKM. Hal ini membuat persaingan yang ada menjadi semakin kompetitif. Pentingnya perencanaan dan perumusan strategi yang matang merupakan kunci agar pengembangan bisnis bagi setiap usaha agar dapat memiliki keunggulan bersaing. INJERS merupakan perusahaan konveksi yang berfokus pada pakaian olahraga terutama olahraga basket. INJERS menjalankan usahanya masih minim dalam perencanaan dan pemasaran yang masih mengandalkan metode mulut ke mulut. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat untuk INJERS dengan melakukan identifikasi terhadap lingkungan internal dan eksternal yang ada. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, serta Matriks QSPM. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang paling tepat untuk diterapkan INJERS adalah strategi penetrasi pasar.Kata kunci : konveksi, keunggulan bersaing, strategi penetrasi pasar