ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS PADA UMKM DI KOTA MALANG (STUDI KASUS PADA SEKTOR FOOD & BEVERAGES)

Main Author: Utami, Dewi Arfianita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2020
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6937
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6937/5990
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce dan pengaruhnya terhadap profitabilitas pada UMKM di Kota Malang (studi kasus pada sektor food&beverages). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel independen pada model pertama adalah kesiapan organisasi (KO), Tekanan Eksternal (TE), Kemudahan Penggunaan (KP) dan manfaat e-commerce (ME) sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah penggunaan e-commerce(PE). Model kedua menggunakan variabel independen penggunaan e-commerce (PE) dan variabel depend yang digunakan adalah profitabilitas (PT). Melalui penggunaan metode Partial Least Squares (PLS) dengan analisis multivariat, peneliti mengolah data yang diperoleh dari 50 responden pelaku UMKM di Kota Malang dengan hasil penelitian yang menunjukkan variabel kesiapan organisasi dan manfaat e-commerce berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce sedangkan variabel tekanan eksternal dan kemudahan penggunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-commerce karena kurangnya motivasi dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan model kedua menunjukkan hasil bahwa variabel independen yang digunakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi faktorfaktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce maka semakin mampu dalam meningkatkan profitabilitas pada UMKM baik secara langsung maupun tidak langsung.Kata kunci: e-commerce, income, profitability, MSMEs actor.