ANALISIS PENGARUH INVESTASI TEKNOLOGI, KOMPETENSI ORGANISASIONAL, DAN DORONGAN EKSTERNAL TERHADAP DAYA SAING (STUDI PADA PELAKU UMKM BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA MALANG)
Main Author: | Yacob, Muhammad Juffrey Indira Sakti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2020
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6454 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6454/5627 |
Daftar Isi:
- Ekonomi digital menjadi salah satu faktor perkembangan ekonomi yang ditandai dengan semakinmeningkatnya transaksi melalui layanan internet. E-commerce merupakan sebuah produk kemajuanteknologi yang dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pendapatannya melalui kemudahanmelakukan pemasaran produk yang lebih efektif dan efisien. Peningkatan pada pendapatan tersebutakan meningkatkan daya saing UMKM dimana akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuahdaerah. Dengan berlandaskan konsep Technological-Organizational-Environmental (TOE)Framework, dapat diketahui variabel-variabel yang mempengaruhi Daya Saing UMKM. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing UMKM. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel terikat yaitu DayaSaing sebagai (Y1), sementara itu untuk variabel bebasnya adalah Investasi Teknologi (X1),Kompetensi Organisasional (X2), dan Dorongan Eksternal (X3). Melalui penggunaan metode AnalisisRegresi Linear Berganda, peneliti mengolah data yang diperoleh dari 100 responden pelaku UMKMbidang makanan dan minuman di Kota Malang dengan hasil penelitian pada uji t yang menunjukkanvariabel Investasi Teknologi (X1) dan Dorongan Eksternal (X3) berpengaruh positif dan signifikanterhadap terhadap variabel Daya Saing (Y1), sebaliknya variabel Kompetensi Organisasional (X2)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Daya Saing (Y1). Sementara itu pada uji Fvariabel Investasi Teknologi (X1), Kompetensi Organisasional (X2), dan Dorongan (X3) secarabersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing (Y1).Kata Kunci : daya saing, investasi teknologi, kompetensi organisasional, dorongan eksternal, ecommerce,UMKM