Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Pemandian Air Panas Cangar Kota Batu

Main Author: KIYATNO, MUSTIKO DWI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2020
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6410
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6410/5593
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaranterhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Pemandian Air Panas Cangar Kota Batu.Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif danmenggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 200 orangresponden dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Alat uji yang digunakan untukmenguji instrumen penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik.Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda melaluiuji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Produk (X1), Harga(X2), Lokasi (X3), Proses (X5), Orang (X6), dan Bukti Fisik (X7) berpengaruh signifikanterhadap keputusan berkunjung, Sedangkan variabel Promosi (X4) tidak berpengaruhsignifikan terhadap keputusan berkunjung. Pada hasil uji t didapatkan bahwa variabelBukti Fisik mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar sehinggaberpengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung.Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Berkunjung, Pemandian Air Panas Cangar