ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS PADA UMKM XYZ)

Main Author: Wibowo, Ilham Riva
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2019
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6120
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6120/5381
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada UMKM XYZ Malang. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu. Pertama, untuk mengetahui perhitungan Harga Jual yang mengacu pada perhitungan Harga Pokok Produksi Perusahaan yang dilakukan oleh UMKM XYZ. Kedua, untuk mengetahui perhitungan Harga Jual yang mengacu pada perhitungan Harga Pokok Produksi menggunakan metode Full Costing. Dan Ketiga, untuk mengetahui besarnya perbedaan Harga Jual pada perusahaan dengan menggunakan metode Perusahaan dan metode Full Costing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Metode deskriptif menggambarkan atau menganalisis hasil dari suatu penelitian akan tetapi tidak digunakan untuk membuat suatu kesimpulan yang lebih luas. Sedangkan pendekatan komparatif merupakan penelitian yang membandingkan keadaan suatu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau dua waktu yang berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara dengan pemilik UMKM XYZ, dokumentasi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan proses produksi, dan observasi dengan melihat secara langsung kondisi perusahaan saat menjalankan aktivitas operasionalnya. Harga Jual dengan metode Perusahaan diperoleh hasil untuk produk A adalah sebesar Rp 3.152.934, produk B sebesar Rp 3.061.235, dan produk C sebesar Rp 2.804.745. Harga Jual dengan menggunakan metode Perusahaan mengacu pada Harga Pokok Produksi metode Perusahaan dengan produk A adalah sebesar Rp 2.101.289, produk B sebesar Rp 2.040.823, dan produk C sebesar Rp 1.869.830. Sedangkan Harga Jual dengan metode Full Costing diperoleh hasil perhitungan untuk produk A sebesar Rp 3.203.089, produk B sebesar Rp 2.935.788, dan produk C sebesar Rp 2.911.981. Harga Jual metode Full Costing mengacu pada perhitungan Harga Pokok Produksi yang menggunakan metode Full Costing dengan produk A sebesar Rp 2.135.393, produk B sebesar Rp 1.957.192, dan produk C sebesar Rp 1.941.320. Kata Kunci : UMKM, Full Costing, HPP, Harga Jual, XYZ