PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA/I PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MALANG)

Main Author: Wulandari, Hanna Naufia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2019
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5475
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5475/4813
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi PemasaranTerhadap Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Jenis penelitian ini adalahexplanatory research yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh antar variabel satu denganvariabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini, digunakan sampelsebanyak 180 responden. Responden tersebut merupakan konsumen yang pernahmelakukan pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Teknik sampling yang digunakanpada penelitian ini adalah non-probability sampling. Uji hipotesis pada penelitian inimelalui analisis nilai t-statistic. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS (The StatisticPackage For Social Sciences) dan dibantu dengan software SPSS 21. Hasil analisis yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah lima variabel Bauran Komunikasi Pemasaran yangmemiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian yaitu Advertising, SalesPromotion, Event & Experience, Mobile Marketing ̧ Direct & Database Marketing dan Personal Selling. Pada kedelapan variabel memiliki pengaruh secara simultan terhadapKeputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee.Kata Kunci : Bauran Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian.