SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS PT BUKALAPAK.COM)

Main Author: Suprapto, Hadyan Luthfi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5255
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5255/4619
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami siklus informasiakuntansi pada siklus pendapatan berbasis online PT Bukalapak.com danpengendalian internal yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder. Data penelitian inidikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudiandianalisis dengan tenik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Narasumber penelitian ini adalah pihak Bukalapak dan pengguna layanan jualbeli antar konsumen PT Bukalapak.com. Hasil analisis data menunjukkan bahwasiklus pendapatan online C2C yang diterapkan oleh PT Bukalapak adalah berupasiklus pendapatan bunga, unique code, premium account, pembeli prioritas, push,push promote dan BukaIklan. Perusahaan telah menerepkan pengendalian internaldengan memberikan persyaratan untuk Pelapak serta menerapkan sistem emblem,sistem pendeteksi penipu, dan layanan pengembalian barang.Kata kunci: siklus pendapatan, sistem informasi akuntansi, jual-beli antarkonsumen, consumer-to-consumer, PT Bukalapak.com