PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN PELAKU UMKM TERHADAP DIGITALISASI DALAM BIDANG PEMASARAN (studi kasus: usaha mikro kecil dan menengah di kota Malang)
Main Author: | Yanuar, Muhammad Rizki |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5251 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5251/4617 |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan sosial ekonomi, teknologi dan informasi telah mengubah aspek perilaku bisnis dan perekonomian suatu negara, terlebih dalam era globalisasi perdagangan bebas menyebabkan kebebasan dan keleluasaan lalu lintas barang, jasa dan informasi antara negara. Keadaan teknologi yang semakin maju pada masa sekarang harus di imbangi dengan tingkat pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat pengetahuan pelaku UMKM terhadap pemanfaatan digitalisasi dalam bidang pemasaran dengan menggunakan indikator sosialisasi dan interaksi. Objek penelitian adalah pelaku UMKM yang berada di kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menyebar 100 kuesioner. Data diolah dengan menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu perangkat lunak SmartPLS versi 3.2.7. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi dan interaksi memengaruhi tingkat pengetahuan pelaku UMKM dalam bidang digitalisasi pemasaran sedangkan tingkat pengetahuan yang dimiliki pelaku UMKM memengaruhi pemanfaatan digitalisasi di bidang pemasaran. Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Digitalisasi Pemasaran, UMKM.