PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL DI KOTA BATU

Main Author: Krisolita, Budi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5208
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5208/4581
Daftar Isi:
  • Sebagai salah satu sumber pendapatan Pemerintah Daerah, pajak hotel memiliki potensi yang tinggi terlebih untuk daerah wisata di Indonesia. Salah satu dari faktor-faktor yang menentukan tingkat pendapatan pajak adalah kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini berusaha untuk mengulik tingkat kesadaran wajib pajak dan pengetahuan wajib pajak hotel di Kota Batu, kualitas pelayanan pajak yang disediakan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) selaku fiskus, dan pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap kepatuhan wajib pajak di Kota Batu. Objek penelitian dari studi ini adalah wajib pajak hotel yang menjalankan aktivitas usaha mereka di Kota Batu. Data dari penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif ini dikumpulkan melalui kuesioner, yang disebarkan kepada 60 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data dianalisi menggunakan metode regresi linear dibantu dengan alat-alat pada aplikasi IBM SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kualitas pelayanan perpajakan memiliki pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak hotel di Kota Batu. Implikasi dari penelitian ini adalah, pelaksanaan program-program BKD yang bertujuan untuk menumbuhkan niat patuh dapat meningkatkan nilai kesadaran wajib pajak, pengetahuan wajib pajak, dan kepuasan terhadap kualitas pelayanan perpajakan.Kata Kunci: Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.