PENGARUH KUALITAS PRODUK, STORE ATMOSPHERE, DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE KOMIKA MALANG (STUDI PADA KONSUMEN CAFE KOMIKA YANG TERGABUNG DALAM KOMUNITAS)

Main Author: SE, RAHMAH WIDYASTUTI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4790
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4790/4197
Daftar Isi:
  • Usaha cafe merupakan salah satu jenis bisnis yang dituntut untuk menarik perhatian konsumen. Agar konsumen memiliki keinginan untuk melakukan pembelian salah satu yang dapat dilakukan pihak cafe adalah dengan menciptakan store atmosphere di cafe yang nyaman dan menarik. Selain itu, kualitas produk yang tersedia di cafe juga dapat mempengaruhi konsumen. Konsumen biasanya mendapatkan informasi dan berminat untuk mengunjungi sebuah cafe dari reference group yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk, store atmosphere, reference group terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 112 konsumen Cafe Komika Malang dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden adalah mereka yang tergabung dalam komunitas di Kota Malang dan pernah berkunjung di Cafe Komika Malang.Alat uji yang digunakan untuk menguji penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya hipotesis dilakukan dengan melakukan uji analisis regresi linier bergandadibantu software SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang sedangkan variabel store atmosphere dan variabel reference group memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang.Kata kunci: Kualitas Produk, Store Atmosphere, Reference Group, Keputusan Pembelian