Analisis Strategi Pada HM Istana Busana Muslim dengan menggunakan metode Business Model Canvas

Main Author: Gunawan, Permadi Chandra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4657
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4657/4086
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi yang tepat bagi HM Istana Busana Muslim dengan menggunakan metode business model canvas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif (descriptive research) hanya menggambarkan dan meningkatkan berbagai kondisi, situasi atau berbagai variabel. Pada dasarnya teknik menganalisis data terdiri atas empat jenis teknik (Jonker, Pennink, dan Wahyuni, 2011), yaitu: teknik menghasilkan data, teknik mendaftarkan data, teknik menklasifikasikan data dan teknik menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Business Model Canvas yang dilakukan HM Istana Busana Muslim harus bersinergi satu sama lainnya baik di Segmen pelanggan (customer segment), proposisi nilai (value propotition), hubungan pelanggan (customer relationship), saluran (channels), arus pendapatan (revenue stream), sumber daya utama (key resource), aktivitas utama (key activities), mitra kerja utama (key partnership), struktur biaya (cost structure). Strategi yang cocok untuk dijalankan oleh HM Istana Busana Muslim adalah Model Bisnis Hubungan Pelanggan. Pada jenis model bisnis ini HM Istana Busana Muslim perlu berfokus pada bagaimana menghadapi pelanggan dan bagaimana cara memuaskan pelanggan dengan cara yang baik.Kata kunci : strategi, business model canvas