ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PADA RESTORAN MIE COBEK MALANG

Main Author: Pamungkas, Sigit
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2017
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4385
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4385/3860
Daftar Isi:
  • Restoran Mie Cobek Malang adalah restoran yang berdiri di Kota Malang. Persaingan bisnis dibidang penyediaan makanan dan minuman semakin ketat karena banyaknya pesaing baru yang terus bermunculan. Hal ini menyebabkan perlunya analisis SWOT untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan untuk dapat merumuskan dan mengimplementasikan strategi yang sesuai. Dalam perumusan strategi ini melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap masukan dengan melakukan analisis EFE dan IFE. Kemudian tahap yang kedua adalah tahap pencocokan dengan menggunakan alat analisis matriks IE dan matriks grand strategy. Tahap yang ketiga adalah tahap keputusan dengan menggunakan matriks QSPM. Pada tahap masukan hasil analisis EFE menunjukkan total skor bobot kekuatan 3,30 dengan nilai peluang sebesar 2,12 dan nilai ancaman sebesar 1,18. Analisis IFE menghasilkan total skor bobot sebesar 2,89 dengan nilai kekuatan sebesar 2,17 dan kelemahan sebesar 0,72. Pada tahap pencocokan hasil analisis IE berada pada sel II dan strategi yang dapat diterapkan adalah strategi intensif dan integrasi. Hasil analisis matriks grand strategy berada pada kuadran I yaitu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi intensif, integrasi, dan diversifikasi. Pada tahap keputusan hasil analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa Restoran Mie Cobek Malang lebih cocok untuk menggunakan strategi integrasi pasar.Kata kunci: SWOT, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks Grand Strategy, dan QSPM.