PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Bengkel UD.A.B.A di Kota Pasuruan)
Main Author: | Khaidar Ali, Badrus Salam |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2016
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3456 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3456/3097 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (studi pada pelanggan Bengkel UD.A.B.A di Kota Pasuruan). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2). Variabel mediasi dalam penelitian ini yaitu Kepuasan Pelanggan (Z). Sedangkan variabel dependennya yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan sampel sebanyak 110 orang responden yang diperoleh dari rumus Roscoe. Penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga tidak berpengaruh secara langsung dan sigifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Harga tidak berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh secaralangsung terhadap Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan memediasi pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Beberapa saran yang dapatdisampaikan oleh peneliti adalah Bengkel UD.A.B.A perlu untuk memberikan diskon dan promosi-promosi berhadiah untuk menarik pelanggan, serta meningkatkan kualitas pelayanan untuk meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.