Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Jejaring Sosial Instagram (Studi Pada Pengguna Online Shop Jejaring Sosial Instagram di Kota Malang)

Main Author: Prathamayoga, Andrissa Anugrah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2016
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3371
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3371/3021
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi pun mengalami kemajuan yang begitu pesat.belanja online mulai diminati karena belanja online memudahkan dan menghemat waktu dibandingkan belanja secara offline/tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepercayaan, kemanan, kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja melalui jejaring sosial Instagram (studi pada pengguna online shop jejaring sosial Instagram di Kota Malang). Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang di ambil dari populasi masyarakat di Malang yang pernah menggunakan online shop Instagram. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 25 Mei 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (acak).Alat uji yang di gunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis di lakukan dengan uji F dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kepercayaan (X1) sebesar 0.266, keamanan (X2) sebesar 0.196,kualitas pelayanan (X3) sebesar 0.180, persepsi akan resiko (X4) sebesar 0.260. Penelitian ini menunjukkan pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, persepsi akan resiko sebesar 58,8% terhadap keputusan pembelian pengguna online shop jejaring sosial Instagram. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, persepsi akan resiko berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, persepsi akan resiko ternyata berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Faktor Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Akan Resiko, Keputusan Pembelian