Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking

Main Authors: Tjini, Sartika Sari Ayu, Baridwan SE.,MSi.,Ak., Zaki
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/275
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/275/223
Daftar Isi:
  • Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, PersepsiKemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap MinatPenggunaan Sistem Internet Banking. Penelitian ini bertujuanuntuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat untukmenggunakan layanan internet banking dengan memodifikasi modelTechnology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davispada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metodesurvei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 125 orang mahasiswaJurusan Akuntansi yang menggunakan layanan internet banking.Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasilanalisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikapberpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internetbanking, serta konstruk kepercayaan dan persepsi kenyamananberpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan internetbanking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsikemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannyaCreate PDF with GO2PDF for free, if you wish to remove this line, click here to buy Virtual PDF Printer2 layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap,serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihakmanajemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor sikap, kepercayaan dan kenyamanan dalammenerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya.Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), internet banking,minat, sikap, kepercayaan, persepsi kenyamanan.