STUDI PERBANDINGAN PERUMUSAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) YANG MAJU DAN YANG STAGNAN (STUDI PADA UKM MADUMONGSO DI KABUPATEN BLITAR)
Main Author: | Prastyo, Syahfudin Wendy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2016
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2284 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2284/2082 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perumusan dan implementasi strategi pada Usaha Kecil Menengah yang maju dan yang stagnan di Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian case study atau studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi visi ada perbedaan motivasi dan tujuan usaha. Visi UKM maju adalah “menjadi pusat studi pembuatan makanan tradisional khas Jawa”, sedangkan UKM stagnan “sekedar memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hal analisis lingkungan, UKM maju berbeda dari UKM stagnan karena lebih inovatif, peluang pasarnya jauh lebih luas, dan memandang ancaman pesaing bukan berasal dari sesame UKM dengan produk yang sama. Strategi yang diterapkan UKM maju adalah membentuk SDM yang inovatif, mengikuti perkembangan selera konsumen sesuai pengamatan lingkungan, diversifikasi produk dan juga jaringan pemasaran, sedangkan UKM stagnan memiliki strategi ceruk pasar dan kualitas produk. Implementasi strategi kedua UKM juga berbeda, jika usaha yang maju menetapkan target sesuai dengan strategi yang telah dirumuskan dan melakukan evaluasi sesuai dengan hasil di lapangan guna memberikan alternatif untuk pengambilan keputusan. Selanjutnya UKM yang stagnan cenderung tidak melaksanakan strategi ceruk pasar yang dirumuskanya, karena meskipun terdapat peluang akan tetapi pengambil keputusan UKM stagnan tidak ingin mengambil resiko. Kata Kunci: UKM Maju dan Stagnan, Perumusan dan Implementasi Strategi