Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Earning Response Coefecient (ERC) (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2013)
Main Authors: | Hidayat, Firli, Saraswati, Erwin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
, 2016
|
Online Access: |
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1696 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1696/1558 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan nilai Earning Response Coefficient (ERC). Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor tambang yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear. Hasil pengujian dari penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan CSR berdampak terhadap ROE. Perusahaan yang mengungkapkan CSR lebih banyak akan meningkatkan kepercayaan investor untuk memberikan utang kepada perusahaan, sehingga akan meningkatkan ROE. Sebaliknya, pengungkapan CSR tidak dampak terhadap ROA dan ERC. Pada umumnya investor cenderung menggunakan informasi jangka pendek untuk membuat keputusan, sehingga investor cenderung mengabaikan pengungkapan CSR yang merupakan informasi jangka menengah dan panjang. Selain itu, pengungkapan CSR hanya digunakan untuk memenuhi UU Penanaman Modal di Indonesia. Kata kunci : Pengungkapan CSR, ROA, ROE, dan ERC