Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul: “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Parindu”. Ferryanto Herwansyah, 2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer. Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi. IKIP PGRI Pontianak. Masalah umum penelitian ini adalah: “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Parindu?”. Sub-sub masalahnya adalah; 1) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Learning pada Materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Parindu?; 2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Learning pada Materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Parindu?; 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Parindu?. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran Reciprocal Learning. Variabel terikat, yaitu hasil belajar siswa pada materi Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pre experimental design dengan jenis One-group pre test-post test design.