PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X SMA WISUDA PONTIANAK

Main Author: STEPANUS YUDO, STEPANUS YUDO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/769/1/5%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/769/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/769/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/769/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/769/
Daftar Isi:
  • iv ABSTRAK Stepanus Yudo, 2020. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika di Kelas X SMA Wisuda Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) motivasi belajar intrinsik, motivasi belajar ekstrinsik dan hasil belajar siswa mata pelajaran InformaInformatikaa siswa kelas X SMA Wisuda Pontianak, (2) Pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak, (3) Pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak, (4) Pengaruh motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Wisuda Pontianak yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi dokumenter, dengan angket motivasi dan motivasi belajar ekstrinsik masing-masing sebanyak 20 pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas dan uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel, analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang di gunakan untuk pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi belajar intrinsik cenderung tinggi, motivasi belajar ekstrinsik cenderung sangat rendah dan hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak masuk dalam kategori baik, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak., (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak, (4) Terdapat pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak. Kata kunci : motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan hasil belajar