PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEPSISWA DALAM MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAK SAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL

Main Author: SUSIYANTI AMILIANA, SUSIYANTI AMILIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/764/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/764/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/764/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/764/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/764/
Daftar Isi:
  • iii ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa dalam materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan lembar kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall, yang terdiri 10 langkah model pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi produk ke-2, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, Uji coba pemakaian/ uji coba produk ke-2, revisi produk ke-2, dan produk akhir. Tetapi peneliti hanya menggunakan 7 langkah, adapun langkah-langkah yang tidak digunakan peneliti adalah langkah uji coba pemakaian/uji coba produk ke-2, revisi produk ke-2, dan produk akhir, alasan peneliti tidak menggunakan 3 langkah tersebut karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing yang memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Lembar kerja siswa layak digunakan atau valid dengan rata-rata skor penilaian dari validator sebesar 79,58% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan lembar kerja siswa sebesar 71,29% dengan kategori praktis. Hasil keefektifan LKS menggunakan tes essay, diperoleh 28 siswa (87,5%) yang tuntas dengan mencapai nilai KKM ≥ 75, dan 4 siswa (12,5%) belum mencapai nilai KKM atau belum tuntas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep