Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Picture Series Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang
Main Author: | AGUSTINA DORMAIDA, AGUSTINA DORMAIDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/754/1/9%20RINGKASAN%20SKRIPSI%20AGUSTINA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/754/2/15%20BAB%20I%20AGUSTINA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/754/3/16%20BAB%20II%20AGUSTINA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/754/4/17%20BAB%20III%20AGUSTINA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/754/ |
Daftar Isi:
- RINGKASAN SKRIPSI Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Picture Series terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas Xi IPS SMA Negeri 1 Jangkang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang. Sub masalah dalam penelitian di atas adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam sebelum diterapkan metode pembelajaran picture series di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau? 2). Bagaimana hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam setelah diterapkan metode pembelajaran Picture Series di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau? 3). Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang kabupaten Sanggau? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau yang terdiri dari tiga kelas, yaitu Kelas XI IPS1, XI IPS2, dan XI IPS3. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sebelum dilakukan pengundian, sediakan kertas untuk menulis nama-nama setiap kelas. Setelah itu dilakukan pengocokan untuk mendapatkan 2 kelas yang akan dijadikan sampel. Dari hasil pengocokan tersebut kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a). Teknik Pengukuran dan b) Teknik Dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : a. Tes hasil belajar posttest dan b) Dokumentasi foto-foto aktivitas subjek penelitian. Data yang diperoleh dari data hasil belajar dari hasil posttest kemudian diolah sesuai dengan langkah-langkah analisis data sebagai berikut : nilai rata-rata dan uji korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau. Adapun kesimpulan khusus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau maka dapat dijabarkan dari tes pada kelas kontrol yaitu : jumlah sampel sebanyak 30 dengan hasil pengolahan data Mean (rata-rata) adalah 73,26, Median (nilai tengah) 75,00, Mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 75.00, Range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama periode tertentu) adalah 25.00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 60.00, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 85.00 dan Sum (jumlah nilai) adalah 1685,00. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran picture series pada materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau maka dapat dijabarkan dari tes pada kelas eskperimen yaitu : jumlah sampel sebanyak 23 dengan hasil pengolahan data Mean (rata-rata) adalah 78,26, Median (nilai tengah) 80.00, Mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 75.00, Range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama periode tertentu) adalah 30.00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 60.00, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 90.00 dan Sum (jumlah nilai) adalah 1800.00. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan dengan menggunakan metode pembelajaran picture series pada materi Sumber Daya Alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang kabupaten Sanggau, diketahui bahwa nilai t test penelitian sebesar 2,450 Pada taraf signifikansi 5% dan d.b 22, diketahui nilai t tabel sebesar 2,073. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai t test (2,450) > t tabel (2,073), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan data hasil penghitungan dengan teknik statistik melalui pengaplikasian rumus uji-t, diketahui nilai t test (2,450) > t tabel (2,073) pada taraf signifikansi 5% dan d.b. sebesar 22. Berdasarkan kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Agar pengunaan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa berjalan dengan baik. Guru harus bisa mengkondikan kelas dengan baik. 2). Siswa diharapkan untuk lebih meningkatkan lagi belajarnya supaya proses pembelajaran geografi berjalan dengan baik dan meningkatkan kerjasama dalam kelompok. 3). Pembelajaran dengan menerapkan metode picture series terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru pendidikan geografi harus menjadikan metode picture series ini sebagai salah satu pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang baik.