PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL PADA SISWA KELAS XMADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

Main Author: INDRI, PRADITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/727/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/727/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/727/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/727/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/727/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak”. Tujuan khusus dalam penelitian ini memperoleh informasi dan kejelasan mengenai: 1) Kemampuan koneksi matematis setelah diterapkan pendekatan CTL pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. 2) Kemampuan koneksi matematis setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. 3) Kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL lebih baik dari pembelajaran biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimental dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak kelas X. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kesimpulan umum dalam penelitian ini adalah adanya bahwa terdapat kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL pada persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Hal ini dapat dilihat dari seperti berikut: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan pendekatan CTL pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 79,84 tergolong sangat baik. 2) Kemampuan koneksi matematis setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 69,2 tergolong baik. 3) Kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL lebih baik dari pembelajaran biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. . Kata Kunci : Kontekstual, Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel iii