PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN KELAS VII DI MTs. DARUL FALAH PONTIANAK

Main Author: MULYADI, MULYADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/723/1/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/723/2/3.%20BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/723/3/4.%20BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/723/4/5.%20BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/723/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikans pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul Falah Pontianak. Adapun sub masalah adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul Falah Pontianak; (2) Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul falah Pontianak; (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Darul falah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini quasy experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan adalah rata-rata skor nilai sebesar 27,31 yang tergolong gagal dengan standar deviasi 14,44; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajarkan pembelajaran kontekstual pada materi operasi himpunan adalah rata-rata skor nilai sebesar 73,08 yang tergolong tinggi dengan standar deviasi 9,83; (3) Berdasarkan perhitungan dengan rumus uji T menggunakan Ms.Excel dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi himpunan. Kata Kunci: Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis