PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG

Main Author: LIDYANA YULIANTY, LIDYANA YULIANTY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/716/1/2.%20abstrak.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/716/2/04%20BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/716/3/05%20BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/716/4/06%20BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa perindikator sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (4) besar pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas terdiri dari tiga kelas, yaitu XI MIPA A, XI MIPA B, dan XI MIPA C. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan kelas yang terpilih sebagai sampel adalah XI MIPA A. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang tergolong cukup dan baik. (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa perindikator sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang untuk indikator 1: menyatakan ulang sebuah konsep pada soal pretest dan posttest sama-sama tergolong sangat baik; indicator 2: memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep pada soal pretest dan posttest sama-sama tergolong sangat baik; indikator 3: mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya pada soal pretest tergolong baik dan posttest tergolong sangat baik; indikator 4: menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu pada soal pretest tergolong sangat rendah dan posttest tergolong rendah. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (4) besar pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang tergolong sedang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Matriks