PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TEBAS KABUPATEN SAMBAS

Main Authors: YEYEN, IYANTI, Dr. Hj. Syf. Fadillah, M.Pd, Abdul Wahab, S.Pd, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/3/BAB%20%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/5/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/70/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemempuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada materi Himpunan Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas”. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model pemebelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi himpunan kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas?”. Sub-sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pemebelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dilihat dari aspek kelancaran?; 2) Bagaimanakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dilihat dari aspek keluwesan?; 3) Bagaimanakan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pemebelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dilihat dari aspek elaborasi dalam menyelesaikan soal himpunan kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten sambas?; 4) Seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran berbasis masalah pada ateri himpunan kelas VII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas?. Variabel bebes dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masaah dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan bentuk pre-eksprimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Tebas yang terdiri dari 5 kelas yaitu VII A,VII B, VII C, VII D, dan VII E. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran berbasis masalah pada materi himpunan kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas dengan thitung 21,05 lebih besar dari ttabel 1,697 maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hasil perhitungan statistik dapat ditarik kesimpulan: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa silihat dari aspek kelancaran tergolong baik dengan rata-rata 79,03; 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dilihat dari aspek keluwesan tergolong baik dengan rata-rata 79,03; 3) Kemampuan berpikirkreatif matematis siswa dilihat dari aspek elaborasi tergolong baik dengan rata-rata 73,39; 4) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebesar 0,64 dengan kriteria sedang.