HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP- NEGERI 2 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Main Author: YULIANA APRIYANTI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/691/1/7%20ABSTRAK%20SKRIPSI%20YULIANA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/691/2/12%20BAB%201%20SKRIPSI%20YULIANA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/691/3/13%20BAB%202%20SKRIPSI%20YULIANA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/691/4/14%20BAB%203%20SKRIPSI%20YULIANA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/691/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN SKRIPSI Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi?. Permasalahan umum tersebut dirinci lagi dengan tujuan memudahkan dalam penelitian. Adapun sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1). Bagaimanakah penggunaan media grafis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh? 2). Bagaimanakah keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh? 3). Apakah terdapat hubungan penggunaan media grafis dengan keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan studi survey. Rancangan penelitian merupakan rancangan penelitian korelasi guna mengetahui hubungan penggunaan media grafis dengan keterampilan menulis teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 205 orang yang terdiri dari lima tujuh VIII dan seorang guru Pendidikan Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik komunikais langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis deskriptif ini untuk menjawab permasalahan penelitian nomor 1 menggunakan rumus persentase, Kesimpulan dalam penelitian ini untuk terdapat hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Adapun kesimpulan khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian di atas untuk mengetahui: 1). Penggunaan media grafis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh, Setelah data dalam tabel tersebut diolah dengan menggunakan program spss v.20 dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data dengan nilai mean (rata-rata) adalah 88,48, nilai median (nilai tengah) adalah 88,75, nilai mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 88, nilai range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama periode tertentu) adalah 10, nilai minimum (nilai terendah) adalah 83, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 93, dan nilai sum (jumlah nilai) adalah 2478. 2). Keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh, Setelah data dalam tabel tersebut diolah dengan menggunakan program spss v.20 dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data dengan nilai mean (rata-rata) adalah 71,55, nilai median (nilai tengah) adalah 73,00, nilai mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 73,00, nilai range selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama periode tertentu) adalah 39,00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 57,00, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 87,00, dan nilai sum (jumlah nilai) adalah 2003. 3). Terdapat hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi Rx y = 0,404, dan dari hasil r hitung dikonsultasikan dengan r tabel taraf signifikan 5% dengan db 28 yaitu 0,374 yang berarti r hitung . Dengan demikian, dapat diketahui ada hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh dan menurut tabel interprestasi nilai r diartikan interprestasinya sedang. Saran dari hasil penelitiian ini adalah 1) Diharapkan kepada siswa agar selalu mengikuti saran dan atau anjuran guru dan melaksanakan program belajar dengan baik guna memanfaatkan media grafis di kelas maupun di sekolah serta lebih disiplin dalam segi waktu, tidak terlambat datang ke sekolah, sehingga waktu belajar tidak terbuang percuma. 2). Diharapkan kepada guru agar dapat menggunakan penggunaan media grafis ini sebagai bekal untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam mendidik siswa. Karena media grafis dalam penelitian ini mempunyai hubungan penggunaan media grafis terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Pinoh, maka disarankan kepada guru agar memberikan program tersebut tersebut kepada seluruh siswa. 3). Diharapkan kepada peneliti lanjutan ketika dalam penggunaan populasi atau sampel dalam jumlah yang lebih besar dan divariasikan dengan kelompok kontrol bagi peneliti yang meneliti penelitian serupa, untuk mengetahui hasil penelitian yang lebih baik lagi. > r tabel