PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RASAU JAYA

Main Author: MEGA BUANA SAFITRI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/690/1/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/690/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/690/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/690/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/690/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN SKRIPSI Mega Buana Safitri (311510096) judul skripsi ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya”. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran take and give di kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya?” dengan sub masalah sebagai berikut. 1) Bagaimakah hasil belajar siswa kelas XI pada materi menulis teks prosedur sebelum menggunakan model pembelajaran Take and give ? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI pada materi menulis teks prosedur sesudah menggunakan model pembelajaran Take and Give? 3) Apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give? Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur sebelum menggunakan model pembelajaran Take and Give. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur sesudah menggunakan model pembelajaran Take and Give. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur dengan menggunakan model Take and Give. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Take And Give. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design yaitu rancangan satu subjek. Selanjutnya yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya yang berjumlah 211 orang siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan studi dokumenter sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Mean dan uji-t. Sebelum menggunakan rumus uji-t dilakukan uji normalitas terlebih dahulu dengan menggunakan rumus chi-kuadrat. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Take And Give terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis teks prosedur sebelum diberikan model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya sebesar 60,96. 2) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis iii teks prosedur sesudah diberikan model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya sebesar 79,46. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Take And Give Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya yang diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil t iv hitung = 18,3 > t = 2, 045. Beberapa saran yang disimpulkan dari hasil penelitian ini sebagai berikut. tabel 1) Diharapkan bagi siswa-siswi untuk dapat lebih memahami pengetahuan dan keterampilan yang sudah diberikan dan memperbanyak sumber referensi untuk meningkatkan keterampilan menulis. 2) Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan bahan rujukan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan pokok bahasan yang lain yang belum pernah diteliti agar wawasan ilmu pendidikan semakin berkembang. 3) Kemudian penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi refleksi bagi para guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa selama di dalam kelas serta dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dalam memberikan pembelajaran bagi siswa.