PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH
Main Author: | RITA MAULIDIYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/689/1/3%20Ringkasan%20Skripsi.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/689/2/BAB%201.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/689/3/BAB%202.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/689/4/BAB%203.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/689/ |
Daftar Isi:
- RINGKASAN SKRIPSI Rita Maulidiyah (311510068), judul skripsi ini adalah “Pengaruh model pembeljaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh”. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh ?” dengan sub masalah sebagai berikut.1) Bagaimanakah hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum penerapan model pembelajaran Course Review Horay ?. 2) Bagaimanakah hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sesudah penerapan model pembelajaran Course Review Horay ?. 3) Apakah terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?. Secara umum, tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran objektif mengenai pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh. Secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum penerapan model Pembelajaran Course Review Horay. 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sesudah penerapan model Pembelajaran Course Review Horay. 3) Untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembeljaran Course Review Horay, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah Pre-Experimental Design dan rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh yang berjumlah enam kelas, kemudian sampel ditentukan dengan teknik Probability Sampling dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini memilih kelas XII MIA III dengan mengacak keenam kelas yang terdapat di SMA Negeri 1 Sunagai Pinyuh. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran berupa tes dan teknik studi documenter berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus Mean dan Regresi Linier Sederhana. Sebelum menggunakan rumus Regresi linier sederhana, dilakukan uji normalitas dengan menggunakan rumus Chi kuadrat. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat i lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh, dengan rincian sebagai berikut: 1) Rata-rata hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum penerapan model Pembelajaran Course Review Horay adalah sebesar 68,54 dan standar deviasinya 8,63 tergolong cukup. 2) Rata-rata hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sesudah penerapan model Pembelajaran Course Review Horay adalah sebesar 79,09 dan standar deviasi 9,57 tergolong baik. 3) Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 7,472 ≥ 2,035. Dengan demikian pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (variabel X) terhadap hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan (variabel Y) pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh “diterima”. ii Beberapa saran yang disimpulkan dari hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia, sebaiknya guru melakukan identifikasi terhadap siswa terutama dalam hal menanyakan siswa yang mengalami kesulitan belajar sebelum proses pembelajaran dimulai, sehingga dengan demikian diharapkan dapat mempermudah guru dalam memberikan bimbingan, dan dengan bantuan yang diberikan tersebut akan memberikan manfaat bagi siswa dalam mencari solusi atau jalan keluar. 2) Siswa diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan berani menggungkapkan pendapat ataupun bertanya kepada guru ketika merasa belum memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. 3) Diharapkan model pembelajaran Course Review Horay ini dapat menjadi acuan guru dalam memilih model pembeljaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran lebih bervariasi. 4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian dengan baik dan lebih memperhatikan tata tulis sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar.