Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman
Main Author: | Puput Noviyanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/672/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/672/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/672/3/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/672/4/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/672/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan pendekatan open-ended di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signfikan setelah diajarkan dengan pendekatan open-ended di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 4) Besar peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental Design. Rancangan yang digunakan adalah One-Group PretestPosttest Design, yang merupakan perlakuan yang membandingkan antara keadaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 01 Nanga Taman. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik pengukuran yaitu pemberian tes kemampuan berpikir kritis kepada siswa mengenai materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Alat pengumpulan data dalam penelitian adalah tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan umum bahwa penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman diuraikan sebagai berikut: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,50 dengan kriteria cukup. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan openended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,17 dengan kriteria baik. 3) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah diterapkan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman sebesar 0,36 yang tergolong dalam kriteria sedang. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan berpikir kriris siswa, Sistem persamaan linear tiga variabel. iii