PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: Elsih,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/671/1/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/671/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/671/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/671/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/671/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN SKRIPSI Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi di Kelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan rumusan masalah penelitian ini Bagaiaman pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi geografi di kelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020 Sub masalahnya adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Apakah terdapat pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen, bentuk penelitian ini Quasy Eksperimental Design, dengan rancangan two-group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas kelas XI IPS 1 SMAN 3 Bengkayang. yang dari 2 kelas 50 orang siswa Teknik pengambilan sampel IPS 1 sebagai kelas kontrol dan IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung sebesar 4,012 jika dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, besarnya derajat kebebasan (db) untuk Uji T (Independen Sampel T Test) penguji 2 sisi dengan tingkat signifikan 5% table nilai kritis t menunjukan 2,042 N-2 jadi sebesar 26 - 2 yaitu 24 pada taraf signifikan 5% tabel nilai t kritis menunjukan t sebesar 1,711. Jadi t 5% = 4,012 > 1,711 ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020. Kesimpulan dari penelitian 1. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, standar deviasi 6,281 Nilai ratarata post-test hasil belajar siswa 63,83 dikategorikan cukup. 2. Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, standar deviasi 5,453 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 80,58 hasil belajar siswa kelas eksperimen dikategorikan baik. 3. Terdapat pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 4,012 jika dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, Jadi t o > t 5% = 4,012 > 1,711. t o > t t