UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLLY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PENGKADAN KABUPATEN KAPUAS HULU
Main Author: | NENNY LESTARY, NENNY LESTARY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/668/1/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/668/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/668/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/668/4/7.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/668/ |
Daftar Isi:
- RINGKASAN SKRIPSI Nenny Lestary (2019) Penelitian ini berjudul, “Upaya Meningkatkn Keterampilan Passing Bawah Bola Volly Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu”. Pembimbing utama Stephani Yane, M.Pd. dan pembimbing kedua Abdillah, M.Pd. Permasalahan Umum dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?”. Sedangkan Permasalahan Khusus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?, 2. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?, dan 3. Bagaimana peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1. Perencanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu, 2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu, dan 3. Peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Variabel dalam penelitian ini adalah ada dua variabel, yaitu variabel masalah adalah keterampilan passing bawah bola volly dan variabel tindakan adalah media pembelajaran audio visual passing bawah bola volly. Bentuk Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class Action Research atau sering disebut penelitian tindakan kelas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 8 siswa putra dan 7 orang siswa putri. Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data menggunakan pedoman observasi dan tes passing bawah bola volly. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. viii Hasil Penelitian Dari Berdasarkan analisis data yang diperoleh pra siklus sebesar 70,67 menjadi 76,73 pada siklus ini, maka siswa mengalami peningkatan sebesar 6,63%. sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 82,27, jadi peningkatannya sebesar 31%. Kesimpulan Berdasarkan pada analisis deskriptif kuantitatif, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan secara umum yaitu: “Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual”. Sedangkan kesimpulan secara khusus dalam penelitian ini adalah sebagai beriikut: 1. Perencanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu telah direncanakan dengan baik hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu telah dilaksanakan setelah pembuatan variasi pembelajaran yang tertera didalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan tersebut disesuaikan dengan isi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan didukung oleh media audio visual yang telah disediakan oleh peneliti, dan 3. Terdapat Peningkatan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu yaitu nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 70,93 menjadi 75,67 pada siklus ini, maka siswa mengalami peningkatan sebesar 6,68%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 83,13, jadi peningkatannya sebesar 31%. Saran Ada beberapa saran yang perlu disampaikan sehubungan dengan hasil ini, adalah: Menerapkan pendekatan dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly karena siswa lebih senang dengan adanya media audio visual yang telah guru berikan dengan berupa video yang berisi pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly yang bervariatif dan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam melakukan proses pembelajaran, Penerapan media audio visual dapat membuat siswa lebih mudah memahami gerakan-gerakan dalam keterampilan passing bawah bola volly dari sikap awal, pelaksanaan gerak, dan gerak lanjutan. Penerapan pembelajaran dengan media audio visual yang bervariatif dapat digunakan sebagai acuan untuk refrensi dan penelitian lanjut dalam cabang olahraga dan permainan yang lain. ix