PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MEANINGFULL LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SEBERUANG KABUPATEN KAPUAS HULU

Main Author: YULIANA, ASUAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/65/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Meaningfull learning pada mata pelajaran geografi Di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui model meaningfull learning pada mata pelajaran geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2015/2016?”. Secara khusus, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penerapan model meaningfull learning pada mata pelajaran Geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2015/2016?, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2015/2016?, (3) Apakah penerapan model meaningfull learning pada mata pelajaran Geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2015/2016? Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui model meaningfull learning. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini “Penerapan model meaningfull learning pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2015/2016”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dengan bentuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah satu orang guru bidang studi geografi, siswa kelas kelas XI, dokumen-dokumen seperti data profil sekolah, data siswa dan guru, silabus dan RPP Geografi, data-data, hingga dokumentasi berupa foto-foto selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model meaningfull learning.