Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall terdiri atas 10 tahapan yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahapan yang meliputi tiga tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal test. Angket digunakan pada validasi ahli, dan respon siswa, sedangkan soal test digunakan pada penilaian multimedia pembelajaran. Hasil pengembangan media booklet diketahui bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan di SMK Mandiri Pontianak berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang telah diperoleh. (2) tingkat kevalidan produk berdasarkan validasi ahli materi dan media sebesar (81,12%) termasuk kriteria “sangat valid” untuk digunakan. (3) tingkat kepraktisan produk berdasarkan hasil respon siswa sebesar (87,38%) dan tingkat keefektifan diperoleh dari hasil posttest pada siswa sebesar (80,32%) termasuk kriteria “sangat efektif”.