UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA REFUTATION TEXT PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 08 PONTIANAK
Daftar Isi:
- Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XIMIA 4 SMA Negeri 08 Pontianak pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Yang terdiri dari 34 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan post test. Intrumen tersebut dilakukan validasi dan ujicoba terlebih dahulu dan dari 9 soal, 6soal yang dinyatakan valid. 3 soal sebagai postest untuk siklus I dan 3 soal sebagai post test siklus II. Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dua pertemuan digunakan untuk perlakuan dengan menggunakan media refutation text dan 2 pertemuan digunakan untuk postest (tes akhir). Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media Refutation Text dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XIMIA 4 SMA Negeri 08 Pontianak. Pernyataan tersebut didasari padahasil belajar mengalami peningkatan yang dilihat dari jumlah ketuntasan siswa baik secara individu maupun secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Selain itu,motivasi siswa yang meningkat dari sedang ke tinggi pada siklus I ke siklus II melalui pengisian angket. Berdasarkan peningkatan tersebut maka disarankan kepada guru matematika SMA pada umumnya dan Guru SMA Negeri 08 Pontianak pada khususnya untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan media Refutation Text untuk materi turunan fungsi aljabar ataupun materi yang lainnya dengan tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan media pembelajaran tersebut.