HUBUNGAN PENGGUNAAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Main Authors: ISRAWANDI, IKIP, Idham, Azwar, M.Pd., Siswandi, M.Pd, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/5/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/57/
Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul; “Hubungan penggunaaan metode diskusi kelompok dengan aktivitas belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi”. Masalah umum adalah: “Bagaimanakah hubungan penggunaaan metode diskusi kelompok dengan aktivitas belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh”. Sub masalah, yaitu: (1) Bagaimanakah penggunaaan metode diskusi kelompok pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam Mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa padamateri pelestarian lingkungan hidup dalam mata pelajaran ge ografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh (3) Apakah terdapat hubungan penggunaaan metode diskusi kelompok dengan aktivitas belajar siswa pada Materi pelestarian lingkungan hidup dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh? Tujuan umum penelitian ini mengetahui tentang hubungan penggunaaan metode diskusi kelompok dengan aktivitas belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh. Variabel bebas adalah metode diskusi kelompok oleh guru, dan variable terikat adalah aktivitas belajar siswa. Metode yang dipergunakan dan dianggap sesuai adalah metode deskriptif, dengan bentuk studi hubungan. Populasi adalah 1 orang guru dan 146 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Pinoh, dengan sampel sebanyak 25% yaitu 37 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung, Komunikasi tidak langsung dan dokumenter. Alat pengumpulan data yaitu panduan observasi, angket dan RPP. Teknik analisis data yang Dipergunakan adalah teknik persentase dan korelasi product moment .