PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR
Main Authors: | RAHMAT, AGUNG PRAKOSO, DR. TOMO, DJUDIN, M.Pd, MATSUN, MATSUN, S.Si, M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/1/Cover.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/3/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/4/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/5/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/7/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/6/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/563/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan keterampilan prsoes sains (KPS) siswa pada maetri Hukum Hooke siswa kelas X SMA Negeri 1 Tayan Hilir. Penelitian ini dilakukan pada 23 Juli – 8 Agustus 2018 di SMA Negeri 1 Tayan Hilir. Metode yang digunakan adalah quasy eksperimental design, dengan rancangan penelitian post-test only nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen berjumlah 38 siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan KPS. Analisis data menggunakan uji T – Test, dengan hasil Thitung sebesar 4,0575, sedangkan Ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,9925 sehingga Thitung> Ttabel yang menunjukan bahwa hipotesisi alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan KPS siswa antara kelas yang diterapkan model inkuiri terbimbing dan kelas yang diterapkan model discovery.