UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI ATMOSFER DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS TAMAN MULIA KABUPATEN KUBU RAYA

Main Author: FRANSISKUS, YAKOBUS AGUNG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/3/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/5/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/6/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/56/
Daftar Isi:
  • Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya”. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model make a match pada mata pelajaran geografi materi atmosfer di kelas X sekolah menengah atas taman mulia. Tujuan umum dari penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya. Variabel pada penelitian ini adalah varibel tindakan yaitu Penggunaan Model Make A Match oleh guru di kelas X Sekolah Menengah Atas Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya dan variabel hasil dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dari aspek kognitif dengan indikator setelah diberikan model Make A Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kolaboratif. Subjek atau sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1.Teknik observasi langsung dengan alat pengumpulan data berupa lembar panduan observasi. 2.Teknik pengukuran dengan alat pengumpulan data berupa tes. 3.Teknik dokumenter dengan alat pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif analisis. Dalam deskriptif analisis peneliti mencoba untuk menganalisa semua data dari observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pra tindakan, siklus I dan siklus II serta pengolahan data maka diketahui terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan model Make A Match dengan hasil belajar siswa dari tahap pra tindakan dengan nilai rata-rata siswa 61,7 , sedangkan pada tahap siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,7. Adapun saran dalam penggunaan model Make A Match, guru memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai kemudian melaksanakan prinsip Make A Match dan melaksanakan evaluasi pembelajaran pada materi yang telah disampaikan dengan demikian guru dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa