Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian yang digunakan adalah pengembangan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dessiminate (Penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Hasil penelitian yang pertama adalah validitas modul yaitu memperoleh nilai rata-rata dari ketiga validator dengan persentase sebesar 91,74% dalam kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepratisan, dilihat dari hasil perhitungan angket yang diisi oleh siswa dan diperoleh hasil dengan persentase sebesar 82,26% dalam kriteria sangat praktis. Yang ketiga adalah nilai keefektifan, dilihat dari hasil pengerjaan posstest siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipresentasekan dengan keseluruhan nilai sisswa sehingga diperoleh nilai sebesar 75,61% dalam kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep siswa dalam materi peluang pada kelas XII SMK Koperasi Pontianak tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.