Daftar Isi:
  • Berdasarkan permasalahan yang ada, maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bahan pustaka apa saja yang menjadi kebutuhan mahasiswa pada perpustakaan sebagai sumber pembelajaran. (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketersediaan koleksi bahan pustaka pada perpustakaan sebagai sumber pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif , bentuk penelitian ini adalah Studi Survei, Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 342 orang, sampel yang diambil sebesar 25% sehingga dapatlah 85 responden, teknik accidental sampling yaitu seluruh jumlah pemustaka yang berkunjung selama penelitian berlangsung. Instrumen untuk mengukur kebutuhan dan ketersediaan perpustakaan sebanyak 35 soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh hasil pengolahan data melalui interprestasi menunjukan bahwa (1) kebutuhan pemustaka dalam hal ini koleksi-koleksi seperti buku teks (pengetahuan umum, fiksi), buku penelitian, referensi skripsi, dan lainnya dibutuhkan para pemustaka di Perpustakaan IKIPPGRI Pontianak. Dengan tanggapan 85 responden dengan skor yang didapat 80,57% termasuk dalam kategori Sangat setuju atau sangat dibutuhkan. (2) Berdasarkan hasil pengolahan data melalui interprestasi menunjukan bahwa, tingkat ketersediaan koleksi dengan penambahan koleksi, koleksi yang sesuai kebutuhan, tingkat sarana dan prasarana, koleksi referensi kamus, buku) yang belum sepenuhnya tersedia sehingga tidak memuaskan para pemusaka yang berkunjung di Perpustakaan IKIP-PGRI Pontianak. Dengan tanggapan 85 responden dengan Skor yang didapat 81,00% termasuk dalam kategori Sangat setuju atau sangat dibutuhkan.