PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK

Main Authors: YULIANA, WIWI, DWI, FAJAR SAPUTRI, M.PD, M.SI, EKA, TRISNAWATI, SP., M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/6/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/1/BAB%201%20.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/2/BAB%202.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/3/BAB%203%20.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/5/BAB%204.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/4/BAB%205%20.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/7/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/550/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu; tujuan umum dalam penelitian ini adalah Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 16 Pontianak . Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kelayakan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Getaran dan Gelombang berdasarkan ahli materi dan ahli media (2) Mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika pada materi Getaran dan Gelombang berdasarkan dengan model pengembangan pengembangan yang digunakan yaitu model rancangan Borg and Gall yang di modifikasi ada enam tahap penelitian yaitu 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan data informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain dan 6) Uji coba produk.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa :1) Hasil dari ahli media menyatakan bahwa LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains layak di uji cobakan dilapakan dengan skor perolehan 81% sedangkan hasil penilaian dari ahli materi menyatakan LKS layak diuji cobakan di lapangan dengan rata-rata skor 73%. 2) Keterampilan proses sains dilihat dari hasil rekapitulasi analisis jawaban siswa dilihat dari tiap aspek (mengamati, memprediksi, menyimpulkan, mengkomunikasikan, mengklasfikasikan, mengukur) . Peningkatan KPS sedudah diterapkan LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains persentase yang diperoleh (82,61%) lebih tinggi dari sbelum diterapkan LKS berbasis problem based learning untuk meningkatksn keterampilan proses sains (46,45%). Dalam penggunaan LKS berbasis problem based learning pada materi getaran dan gelombang untuk meningkatkan Keterampilan proses sains sangat perpengaruh terhadap siswa kelas VIIIC SMP Negeri 16 Pontinak