Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar kerja siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi getaran dan gelombang untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi enam tahapan penelitian yaitu: 1) Potensi Dan Masalah 2) Pengumpilan Data Dan Informasi 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk. Berdasarkkan hasil analisis data dapat diketahui 1) LKS berbasis discovery learning layak diuji coba berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 87,49 % dan ahli media 69,64%, 2) Nilai KPS siswa saat mengerjakan posttest meningkat dan banyak yang mencapai KKM dan tuntas. Setelah diterapkan LKS dan mengerjakan posttest nilai siswa meningkat dari tiap aspeknya mengamati 81,82% kriteria baik, aspek memprediksi 91,41% kriteria sangat baik, aspek menyimpulkan 100,00% kriteria sangat baik, aspek mengkomunikasi 56,56% kriteria baik, aspek mengkasifikasi 92,93% kriteria sangat baik, dan aspek mengukur 83,84% kriteria baik.